Layanan KUA Payakumbuh Timur

                                                            MENU PELAYANAN KUA 
                                                 KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR

1.      PENDAFTARAN NIKAH  -- WAKTU ( 20 MENIT)
Syarat-syarat :

      1)  Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk calon Penganten (catin)
           masing-masing  1 (satu) lembar.
      2)  Surat pernyataan belum pernah menikah (masih gadis/jejaka) di atas segel/materai
           bernilai  minimal Rp.6000,- (enam ribu rupiah) diketahui RT, RW dan Lurah setempat.
      3)  Surat keterangan untuk nikah dari Kelurahan setempat yaitu Model N1, N2, N4, 
           baik calon Suami maupun calon Istri.
      4)   Pas photo catin ukuran 2×3 dan 3x4 masing-masing 4 (empat) lembar dan 4x6 masing-
           masing satu lembar. Bagi anggota ABRI berpakaian dinas.
      5)    Bagi yang berstatus duda/janda harus melampirkan Surat Talak/Akta Cerai dari  
           Pengadilan Agama, jika Duda/Janda mati harus ada surat kematian dan surat Model N6 
           dari Lurah setempat.
     6)     Harus ada izin/Dispensasi dari Pengadilan Agama bagi :
           a)      Catin Laki-laki yang umurnya kurang dari 19 tahun;
           b)      Catin Perempuan yang umurnya kurang dari 16 tahun;
           c)      Laki-laki yang mau berpoligami.
     7)    Izin Orang Tua (Model N5) bagi catin yang umurnya kurang dari 21 tahun, 
          baik catin laki-laki /perempuan.
     8)     Bagi catin yang tempat tinggalnya bukan di wilayah KUA Kecamatan Tempat  
           Pelaksanaan Akad Nikah, harus ada surat Rekomendasi Nikah dari KUA setempat.
     9)   Bagi anggota TNI/POLRI dan Sipil TNI/POLRI harus ada Izin Kawin dari Pejabat
           Atasan  /Komandan.
    10)    Bagi catin yang akan melangsungkan pernikahan ke luar wilayah tempat tinggalnya
           harus ada Surat Rekomendasi Nikah dari KUA Kecamatan yang mewilayahi
           tempat tinggalnya.
     11)   Kedua catin mendaftarkan diri ke KUA Kecamatan sekurang-kurangnya 10 (sepuluh)
            hari kerja dari waktu melangsungkan Pernikahan. 
           Apabila kurang dari 10 (sepuluh) hari kerja, harus melampirkan surat Dispensasi
           Nikah dari Camat  setempat.
     12)   Bagi WNI keturunan, selain syarat-syarat tersebut dalam poin 1 s/d 10 harus
            melampirkan foto copi Akte kelahiran dan status kewarganegaraannya (K1).
     13)   Surat Keterangan tidak mampu dari Lurah/Kepala Desa bagi mereka yang tidak
            mampu.
.
 Alur ;
           a)      Mendaftar                                                  ( 2 menit  )
           b)      Verivikasi berkas                                       ( 2 menit  )
           c)      Pemeriksaan komprehensif                       ( 14 menit )
           d)     Membayar di BDH Pembantu Penerima   ( 2 menit  )

2.      PENCATATAN NIKAH YANG DI LAKSANAKAN DI LUAR NEGERI   
      WAKTU ( 20 MENIT)
      Syarat-syarat :
      a)      Surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa/ Wali Nagari yg  mewilayahi tempat  tinggalnya.
      b)      Foto copy Bukti perkawinan  atau
      c)      Foto copy Sertifikat / keterangan nikah dari KBRI.
      d)     Foto copy pasport dan memperlihatkan aslinya.

      ALUR ;
      a)      Mendaftar              ( 2 menit )
      b)      Verivikasi berkas    ( 3 menit )
      c)      Register                 ( 15 menit)

3.      PENCATATAN ISBAT NIKAH : WAKTU ( 20 MENIT)
      Syarat-syarat :
      a)      Pengantar dari Lurah/Desa/Wali Nagari,
      b)      Penetapan Isbat Nikah dari PA.
      c)      Pas foto 2x3 dan 3x4 masing-masing tiga lembar dan 4x6 = 1 lembar
      d)   Foto Copy KTP/KK
   
      ALUR ;
      a)       Mendaftar              ( 2 menit )
      b)      Verivikasi berkas    ( 3 menit )
      c)       Register                 ( 15 menit)

4.      DUPLIKAT NIKAH :   WAKTU ( 20 MENIT)
      Syarat-syarat :
      a)      Pengantar dari Lurah/Desa/Wali Nagari
      b)     Surat kehilangan dari Kepolisian., atau Buku Kutipan Akta Nikah yang rusak
      c)     Pas foto 2x3 dan 3x4  (tiga lembar).
      d)   Foto copy KTP/KK 

      ALUR ;
      Mendaftar                            ( 2 menit )
      Pencarian data                     ( 13 menit )
      Pengetikan                           ( 5 menit)

5.    REKOMENDASI NIKAH :  Waktu  ( 10 menit )
     Syarat-syarat :
     a)       Pengantar dari Lurah/Desa/ Wali Nagi berisi kehendak nikah dan pindah nikah
     b)       Pas foto 3x4  (tiga lembar).
     
     ALUR ;
     a)       Mendaftar              ( 2 menit )
     b)      Verivikasi berkas    ( 3 menit )
     c)       Pengetikan              ( 5 menit)

6.      Pernikahan dan Rujuk :
      a. Pencatatan Nikah dan Rujuk
      b. Legalisir Buku Nikah
      c. Rekomendasi Nikah
      d. Duplikat Buku Nikah

7.      Perwakafan :
      a.    Pembuatan akta Ikrar wakaf
      b.   Pengesahan Nadzir
      c.    Pengajuan sertifikasi tanah wakaf ke BPN melalui Kantor Kementrian Agama

8.      Pelayanan Kemasjidan dan Hisab Ru'yah :
      a.    Data kemasjidan, Mushola, Langgar
      b.   Penentuan arah kiblat Rumah Ibadah

9.     Badan  Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP-4) :
      a. Kursus calon pengantin
      b. Konsultasi perkawinan dan keluarga
10.  Pelayanan Ibadah Haji :
      a.  Konsultasi haji
      b. Pelatihan manasik haji
11.  Pelayanan Ibadah Sosial :
      a. Bimbingan agama Islam bagi Mualaf
      b. Bantuan mushaf Al- Qur'an
      c. Pembinaan majelis ta'lim
12.  Pelayanan Produk Halal :
      a.   Pendataan home Industri
      b.   Sosialisasi sadar halal
      c.    Proses labelisasi Halal